Senin, 18 April 2011

PENGGUNAAN SURFAKTAN UNTUK EOR

Sistem emulsi minyak-air adalah suatu bentuk campuran di mana fasa terdispersinya adalah minyak dan mediumnya adalah air. Surfaktan (surface-active agent) adalah substansi yang dapat mereduksi tegangan permukaan zat pelarut atau dapat disebut juga dengan substansi yang dapat membuat permukaan suatu pelarut menjadi permukaan yang aktif. Surfaktan sebagai substansi dapat mengemulsi minyak dan air karena surfaktan adalah senyawa aktif permukaan yang secara umum memiliki gugus hidrofilik (larut dalam air) dan hidrofobik (tidak larut dalam air) dikedua ujungnya (lihat gambar). Zat ini terdiri dari hidrofilik yang biasanya merupakan molekul polar yang ionik dan hidrofobik pada bagian ekor yang biasanya terdiri dari rantai hidrokarbon yang panjang yang merupakan molekul nonpolar. Oleh karena itu, surfaktan disebut juga sebagai amfifilik karena memiliki gugus polar dan nonpolar sekaligus.

 
Gambar Struktur Surfactant (Hidrofil dan Lipofil)

Karakteristik  surfaktan lainnya adalah:
· Struktur amphipathic ---> molekul-molekul surfaktan tersusun oleh grup-grup yang melawan kecenderungan suatu daya larut.
·  Daya larut ---> surfaktan dapat larut paling tidak menjadi satu fase pada sistem liquid.
·  Adsorpsi pada permukaan ---> pada kesetimbangan, konsentrasi dari larutan surfaktan pada fase permukaan lebih besar daripada konsentrasi pada keseluruhan larutan.
· Orientasi pada permukaan ---> molekul-molekul dan ion-ion surfaktan membentuk monolayer pada fase permukaan.
·  Formasi misel ---> surfaktan membentuk agregat molekul atau ion yang disebut misel ketika konsentrasi larutan surfaktan pada keseluruhan larutan mencapai nilai tertentu, yang biasa disebut Critical Miselle Consentration (CMC)
· Kegunaan ---> larutan surfaktan digunakan sebagai komponen bahan adhesif, bahan penggumpal, pembasah, pembusaan, emulsifier, dan bahan penetrasi.
Tegangan permukaan disebabkan adanya kecenderungan permukaan cairan untuk memperkecil luas permukaan secara spontan. Pada tingkat molekular hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut: molekul yang berada di dalam cairan akan mengalami gaya tarik-menarik (gaya van der Waals) yang sama besarnya ke segala arah. Akan tetapi, molekul pada permukaan cairan akan mengalami gaya resultan yang mengarah ke dalam cairan dan akibatnya molekul di permukaan cenderung untuk meninggalkan permukaan dan masuk ke dalam cairan sehingga permukaan cairan cenderung untuk menyusut.
            Surfaktan dapat menurunkan tegangan permukaan air secara nyata karena surfaktan dapat terkonsentrasi pada permukaan air dalam jumlah yang besar, sehingga menutupi permukaan air secara menyeluruh atau dapat dikatakan surfaktan menyusun dirinya pada permukaan. Karakter ini membuat surfaktan disebut juga sebagai amfibi yang cenderung larut dalam air maupun minyak dan berada pada perpotongan minyak-air. Saat menutupi permukaan air, gugus polar surfaktan akan larut dalam medium polar (air) dan gugus nonpolar surfaktan akan larut dalam medium nonpolar (minyak). Tegangan permukaan air akan diadsorbsi oleh surfaktan yang kemudian menyebabkan terjadinya penurunan tegangan permukaan. Surfaktan menghasilkan expanding pressure (π) atau tekanan permukaan yang melawan kecenderungan suatu permukaan untuk menyusut.
            Dengan turunnya tegangan permukaan, orientasi gaya tarik antarmolekul pada permukaan air akan berubah. Gaya tarik antarmolekul pada permukaan air yang semula menuju ke bawah, setelah ditambahkan surfaktan maka gaya tarik antarmolekul pada permukaan air akan menuju ke arah atas (lihat gambar). Gaya tarik ke atas ini akan menyebabkan molekul-molekul pada permukaan air menjadi aktif untuk menarik molekul-molekul lain yang berada di permukaannya atau dapat dikatakan permukaan air menjadi aktif. Oleh karena itu, tegangan permukaan air akan menurun cukup drastis dan konsentrasi surfaktan akan mencapai nilai yang maksimum, bergantung kepada permukaan yang akan ditutupi oleh molekul-molekul surfaktan.

 Gambar Gaya Tarik Menarik Surfaktan dalam menurunkan Interfacial Tension (IFT)

1 komentar:

  1. perkenalkan, saya maya,,

    saya boleh minta emailnya??? ada yang mau saya tanyakan mengenai stimulasi sumur.... tolong yaa....

    reply ke email saya axl_maya@hotmail.com

    tq b4...

    BalasHapus